Volatilitas Pasar Obligasi Menyebabkan Penguatan Yen

imagesPada perdagangan hari ini mata uang yen Jepang tampak mengalami kenaikan yang cukup signifikan (27/05). Yen melanjutkan peningkatannya untuk tiga hari berturut-turut terhadap 16 rival utamanya, termasuk dollar AS. Kenaikan yen terjadi di tengah kekhawatiran bahwa Bank of Japan kesulitan untuk menjaga kondisi pasar obligasi Jepang melalui program stimulusnya.

Yen melesat setelah Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda kemarin menyatakan bahwa kemungkinan besar kenaikan suku bunga akan sulit diatasi oleh negaranya. Sementara itu yield obligasi di Jepang sudah mulai menunjukkan kenaikan yang signifikan.

Volatilnya pasar obligasi di Jepang menjatuhkan bursa saham di negara tersebut. Pekan lalu yield obligasi bertenor 10 tahun milik pemerintah Jepang melejit mencapai 1 persen dan mencapai level paling tinggi dalam satu tahun belakangan.

Pada hari ini yen mengalami peningkatan dan berada pada posisi 101.00 per dollar AS. Yen mengalami kenaikan dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu yang berada di level 101.31 per dollar. Di perkirakan┬ápergerakan mata uang yen Jepang pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami peningkatan terbatas. Yen berpotensi untuk mengalami pergerakan pada kisaran 100.70 – 101.25 per dollar AS.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*