Rupiah Cemas Akan Perlambatan Pertumbuhan EKonomi Global

rupiahHarga mata uang rupiah di pasar spot hari ini (9/10), mengalami pelemahan sebesar 0,2% menjadi 11.540 per dollar AS. Dalam sepekan terakhir, pergerakan rupiah di pasar spot bergerak di kisaran 11.490-11.575 per dollar.

Salah satu faktor yang menyebabkan pelemahan rupiah adalah kecemasan akan perlambatan pertumbuhan ekonomi global yang akan memukul tingkat ekspor Indonesia. Pada Agustus lalu, penurunan tingkat ekspor Indonesia memasuki bulan ke 17.

Sebelumnya, Badan Moneter Indonesia (IMF) memangkas outlook pertumbuhan ekonomi global tahun ini menjadi 2,9% dari proyeksi sebelumnya 3,1%. Selain itu, IMF juga memangkas outlook pertumbuhan China menjadi 7,3% pada tahun depan dari sebelumnya 8,2%. Seperti yang diketahui, China merupakan pasar ekspor terbesar untuk Indonesia.

“Ketidakpastian ekonomi global menekan rupiah karena outlook ekspor yang negatif. Rupiah akan stabil mendekati ekuilibrium baru karena baik bank sentral dan pemerintah terlihat cukup nyaman dengan posisi rupiah saat ini yang membatasi impor,” papar Eti Nurbaeti, head of treasury research PT Bank Negara Indonesia.(sumber)

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*