Bernanke Dan Kita Tidak Mengerti Mengenai Pergerakan Harga Emas

bernanke on goldJika dihitung secara keseluruhan, harga emas dunia mencatatkan penurunan di sepanjang tahun ini. Menurut Pimpinan the Federal Reserve Ben S Bernanke, emas menurun karena investor melihat diperlukannya langkah untuk mengurangi “asuransi bencana” atau disaster insurance.

“Salah satu alasan mengapa harga emas tertekan adalah investor saat ini tidak lagi fokus pada hasil ekstrem, khususnya hasil negatif, sehingga mereka merasa tak membutuhkan perlindungan apapun yang berkaitan dengan emas,” jelas Bernanke.

Dia menambahkan, banyak pelaku pasar yang mengempit emas sebagai lindung nilai inflasi. Namun pergerakan harga emas sebenarnya tak mencermintan inflasi secara tepat.

“Tak ada seorang pun yang memahami harga emas dan saya juga tidak berpura-pura mengerti,” kata Bernanke.

Seorang trader emas berspekulasi apakah harga emas yang babak belur dapat membuat mereka percaya diri untuk membeli emas dan membawanya ke atas level kunci $ 1300, para analis mengatakan ada faktor kunci untuk prospek logam mulia ini yang sedang diabaikan yaitu permintaan yang kuat untuk emas dari Asia.

Catatan saja, di sepanjang tahun ini, harga emas sudah anjlok 24%. Penurunan terjadi setelah investor kehilangan kepercayaan terhadap komoditas ini di tengah reli pasar saham dan tingkat inflasi yang stabil.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*