Hari Ini Bursa Jepang Ditutup Naik

saham asia 3Bursa Jepang ditutup dengan wajah tersenyum pada transaksi perdagangan hari ini (2/9). Mengutip data Bloomberg, pada penutupan pasar pukul 15.00 waktu setempat, indeks Topix naik 1,1% menjadi 1.117,78. Dari 33 sektor yang ditransaksikan, hanya ada empat sektor yang memerah. Sementara, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 1,4% menjadi 13.572,92.

Pergerakan sejumlah saham turut mempengaruhi bursa Jepang. Beberapa di antaranya yakni: Toyota Motor Corp yang naik 1%, Fanuc Corp naik 2,7%, dan Otsuka Holdings Co turun 2,4%.

Salah satu faktor yang mengerek bursa Jepang adalah pelemahan yen sehingga mendongkrak harga saham-saham otomotif. Selain itu, ada pula data yang memberikan sinyal pemulihan pada anggaran belanja domestik dan manufaktur China.

“Yen yang berada di posisi 98 per dollar hari ini sangat positif bagi saham. Indeks PMI China juga disambut positif pelaku pasar, meskipun datanya masih dipertanyakan. Selain itu, data anggaran belanja domestik juga mendukung outlook pertumbuhan ekonomi Jepang. Ini semua merupakan nilai plus bagi pasar saham hari ini,” urai Masaru Hamasaki, senior strategist Sumitomo Mitsui Asset Management Co di Tokyo.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*