Bursa Asia Melaju Saat Bernanke Berhasil Memulihkan Kekhawatiran Stimulus AS

ben bernankeBursa Asia dibuka menguat pagi ini (18/7). mendorong patokan regional ke level tertinggi tujuh pekan, setelah Ketua Federal Reserve Ben S. Bernanke memulihkan kekhawatiran AS dalam rencananya untuk menahan stimulus yang telah memicu saham dan keuntungan obligasi.

Menurut data Bloomberg News, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,1 persen pada pukul 09:56 di Tokyo. Saat ini, indeks acuan di kawasan regional tengah menuju level penutupan tertinggi sejak 29 Mei lalu. Kemudian Indeks Topix Jepang naik 0,3 persen dan saham emerging market memperluas bentangan terpanjang keuntungannya sejak Januari. Kontrak pada indeks Standard & Poor 500 (SPA) turun 0,2 persen. Mata uang Thailand baht, won Korea Selatan dan ringgit Malaysia menguat setidaknya 0,2 persen karena obligasi dan obligasi Australia naik. Logam naik, sedangkan jagung turun 1,2 persen.

Dalam laporan kebijakan moneter semi tahunannya, Bernanke menegaskan, bank sentral sudah mengantisipasi untuk melakukan pemangkasan nilai program stimulus pada akhir tahun ini. Namun, kebijakan tersebut masih akan akomodatif dan bisa berubah tergantung pada data ekonomi yang akan datang.

Dia juga menyatakan, “Dengan tingkat pengangguran yang masih tinggi dan penurunan yang hanya bertahap, belum lagi tingkat inflasi yang di bawah estimasi Komite, kebijakan moneter yang akomodatif masih tetap dibutuhkan di masa yang akan datang.”

Namun, lanjut Bernanke, jika data ekonomi menunjukkan adanya penguatan pada pasar tenaga kerja dan tingkat inflasi bergerak ke level 2% seperti target bank sentral, “Kami mengantisipasi bahwa akan sangat tepat jika kami melakukan pembelian obligasi secara moderat akhir tahun ini.”

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*