China Mengatur Jadwal Untuk Menyelesaikan Skandal Bo Xilai

bo xilaiChina menetapkan kerangka waktu untuk tuntutan memalukan terhadap anggota Politbiro Bo Xilai, bergerak untuk menyelesaikan kasus skandal yang membayangi transfer kekuasaan sekali dalam setahun dan menguji kesatuan pemimpin baru Partai Komunis.

Bo didakwa dengan korupsi, penyalahgunaan kekuasaan dan menggunakan posisi pemerintah untuk melakukan suap, kantor berita resmi Xinhua melaporkan kemarin. Terdakwa dibawa oleh kantor kejaksaan Jinan, China timur akan menjadi tuan rumah sidang. Di bawah hukum China, pengadilan mungkin akan memberikan penghakiman dalam waktu satu bulan.

Skandal Bo menjadi skandal politik yang paling serius dalam dua dekade, datang di tengah-tengah transisi kepemimpinan yang membawa Xi Jinping berkuasa pada bulan November. Keadaan ini telah diambil alih oleh para pemimpin Partai Komunis yang mencoba untuk menggambarkan penyimpangan yang dilakukan oleh Bo.

“Sebuah kesepakatan telah tercapai dan mereka harus yakin bahwa ini akan terus sebelum menempatkan Bo diadili,” kata Steve Tsang, direktur China Policy Institute di University of Nottingham di Inggris. “Manajemen risiko Xi dan perusahaan harus mencakup penilaian bahwa risiko rendah sebelum mendakwa Bo dan dengan demikian pengaturan kereta bergerak untuk persidangan.”

Sebagai putra mantan Wakil Perdana Bo Yibo, salah satu dari “eight immortals” dari Partai Komunis, Bo seperti Presiden Xi, termasuk kelas pangeran pejabat generasi kedua yang keluarganya diikat selama beberapa dekade melalui pengalaman bersama aliansi dan patronase. Surat dakwaan mengikuti keyakinan istri Bo, Gu Kailai, Agustus lalu karena membunuh pengusaha Inggris Neil Heywood setelah percobaan satu hari itu menghasilkan hukuman mati.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*