Harga Minyak Dan Emas Turun Seiring Rebound Bursa Asia

saham asiaHarga dua komoditas utama dunia, yakni minyak dan emas, mencatatkan penurunan menjelang siang ini (29/8). Harga minyak, misalnya, turun dari posisi tertingginya dalam dua tahun terakhir. Data Bloomberg menunjukkan, harga kontrak minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) turun 0,6% menjadi US$ 109,49 per barel per pukul 12.14 waktu Tokyo.

Sementara, kenaikan harga  emas yang sudah berlangsung selama lima hari terhenti seiring adanya spekulasi pengurangan nilai stimulus the Federal Reserve. Siang ini, harga kontrak emas untuk pengantaran cepat turun ke posisi US$ 1.409,92 per troy ounce setelah kemarin reli ke level US$ 1.433,83 per troy ounce. Ini merupakan level tertinggi sejak 14 mei lalu.

Penurunan harga komoditas ini seiring rebound yang terjadi pada bursa Asia. Asal tahu saja, indeks MSCI Asia Pacific pada hari ini bergerak positif setelah tertekan selama dua hari. Indeks Kospi Korea Selatan memimpin kenaikan di kawasan regional sebesar 1,43%. Baru kemudian disusul oleh indeks Taiex Taiwan yang naik 1,27% dan FTSE Malaysia KLCI naik 1,05%.

Sedangkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) per pukul 11.30 tercatat naik 0,56% menjadi 4.094,72.

“Kami melihat sudah terjadi stabilisasi hari ini. Namun, pelaku pasar masih berlaku hati-hati karena masalah Suriah dan the Fed,” jelas Shane Oliver, head of investment strategy AMP Capital.(sumber)

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*