IMF Menangguhkan Pembayaran Bantuan untuk Yunani Kecuali Lubang Bailout terpasang

Bendera yunani euroIMF sedang mempersiapkan penangguhan  pembayaran bantuan ke Yunani pada akhir bulan depan kecuali para pemimpin zona euro memasang €3 sampai €4 miliar kekurangan yang telah dibuka di €172 miliar untuk program penyelamatan Yunani, menurut para pejabat yang terlibat dalam pengelolaan dana bailout.

Kesenjangan muncul setelah bank sentral zona euro menolak untuk menggulingkan surat hutang Yunani dan terjadi di tengah tanda-tanda  rencana privatisasi skala belakang Athena setuju untuk tahun lalu yang jatuh tidak sesuai jadwal.

Para pejabat yang terlibat dalam pembicaraan Yunani menekankan bahwa tidak seperti slippages sebelumnya dalam bailout, kesalahan terjadi tidak hanya dengan Yunani melainkan dengan ibukota zona euro lainnya. Mereka juga menyalahkan penundaan privatisasi pada “tekanan dari luar”.

Kekacauan dalam program Yunani datang sebagai menteri keuangan zona euro pada Kamis malam dipaksa untuk berdebat merevisi bailout negara Siprus sebesar €10 miliar  menyusul permintaan tertulis oleh presiden negara itu untuk perubahan besar mengenai bagaimana program restrukturisasi dua bank terbesar di Siprus.

Dalam sebuah surat kepada Financial Times, Christos Stylianides, juru bicara pemerintah Siprus, kata Nicosia tetap berkomitmen untuk memenuhi ketentuan perjanjian bailout, tetapi merasa perlu untuk mengangkat isu-isu yang bisa mencegah target tersebut.

“Tujuan dari intervensi yang dilakukan presiden adalah untuk membawa perhatian isu penting mitra Eropa yang menghambat pencapaian tujuan [kesepakatan bailout],” tulis Mr Stylianides.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*