Tingkat Ekspektasi Inflasi Inggris Menyentuh Nilai Terendah Pada Awal 2010

Harapan publik Inggris untuk inflasi selama 12 bulan ke depan dan jangka panjang menurun pada bulan Februari ke level terendah sejak awal 2010, menurut survei yang diterbitkan pada hari Kamis.

Ekspektasi inflasi untuk tahun depan turun menjadi 2,2 % pada Februari dari 2,4 % pada Januari, sebuah survei oleh perusahaan jajak pendapat YouGov menunjukkan, sedangkan untuk lima sampai 10 tahun ke depan merosot ke 3,0 % dari 3,2 %.

“Angka-angka ini cenderung meyakinkan (Bank of England) bahwa pasar tenaga kerja pengetatan dan kenaikan harga rumah yang kuat sejauh ini tidak mendestabilisasi ekspektasi inflasi, memperkuat tema Inggris pertumbuhan yang kuat dengan inflasi yang rendah,” kata Michael Saunders, kepala ekonom Inggris di Citi, yang mensponsori survei.

“Selain itu, ekspektasi inflasi yang lebih rendah mungkin meningkatkan kepercayaan konsumen, sebagai orang mengantisipasi mengakhiri penurunan upah riil,” katanya dalam sebuah email.

Inflasi Inggris pada bulan Januari turun menjadi 1,9 %, pertama kalinya dalam lebih dari empat tahun itu di bawah target Bank Inggris dari 2 %.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*