Ekonomi China Membaik, Imbal Hasil Obligasi Amerika Meningkat

mata uang chinaPMI HSBC untuk sektor manufaktur China melonjak menjadi 50,1 pada Agustus, naik dari posisi terendah selama 11 bulan yang terjadi pada Juli 2013 di level 47,7. Peningkatan indeks ini mengurangi kekhawatiran melambatnya perekonomian China.

“Data itu memberikan harapan yang lebih umum bahwa pertumbuhan ekonomi akan meningkat selama paruh kedua 2013 dan 2014,” kata Timothy Evans dari Citi Futures.

Sementara imbal hasil obligasi AS naik, terus memperburuk arus keluar modal (capital outflow) dari negara-negara berkembang. Imbal hasil pada obligasi negara Amerika bertenor 10 tahun naik ke level tertinggi baru menjadi 2,9 %, dari sebelumnya 2,86 % pada Rabu. Adapun imbal hasil obligasi bertenor 30 tahun meningkat menjadi 3,89 % dari 3,88 %.

“Korelasi antara pasar obligasi AS dan mata uang negara-negara berkembang tetap sangat tinggi,” kata Jens Nordvig dari Nomura. “Ini bervariasi dari satu mata uang dengan mata uang lain. Memang ada beberapa bukti bahwa negara-negara berkembang dengan posisi neraca pembayaran yang rentan, sebagian besar menderita dengan lonjakan imbal hasil UST (obligasi negara AS).”

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*