Perekonomian Swiss Tampak Kebal Terhadap Resesi Yang Terjadi Di Zona Eropa

swissEkonomi Swiss mungkin terus berkembang pada kuartal pertama karena permintaan domestik dan ketika banyak negara tetangga yang dilanda resesi

menurut data  median dari 17 responden dalam survei Bloomberg News kemungkinan bruto Produk domestik naik 0,2 persen di kuartal pertama dari tiga bulan sebelumnya kejadian ini sangat kontras dengan kawasan euro sekitarnya, yang telah menderita  karena resesi selama enam kuartal. Jerman, yang memegang gelar perekonomian terbesar di eropa  hanya mengalami peningkatan sebesar 0,1 persen pada kuartal pertama.

The Swiss National Bank (SNBN) telah melindungi  perekonomiannya  dari dampak kemerosotan yang melanda di wilayah euro dengan nilai  mata uangnya 1,20 franc per euro. Kebijakan itu  telah membantu memastikan Swiss hanya mengalami kontraksi di satu kuartal sejak kebijakan  itu diberlakukan pada bulan September 2011, dan tingkat pengangguran sekitar seperempat dari  jumlah pengangguran di  blok 17-negara.

“Kuartal terakhir memiliki hasil lebih baik daripada yang sebelumnya  dan pertanyaannya adalah “apakah Swiss mampu mengkapasitasi  seluruh Eropa pada kecepatan yang sebanding,” kata Reto Huenerwadel, seorang ekonom senior di UBS AG (UBSN) di Zurich. “sektor  swasta saat ini  berkembang dengan peningkatan  di atas tren, dan pertanyaannya lagi adalah “apakah peningkatan ini bisa bertahan  dari pasar dimana sekarang sedang di bantu oleh perenggangan disegi  tenaga kerja.”

Permintaan domestik menyumbang sekitar 57 persen dari pertumbuhan tahun lalu, sementara ekspor bersih yang naik 10 persen.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*