Pertumbuhan Ekonomi Australia Lebih Cepat Dari Kuartal Sebelumnya

dolar australiaEkonomi Australia diperluas lebih dari perkiraan ekonom kuartal terakhir sebagai konstruksi non-hunian melonjak, memberikan momentum pertumbuhan yang lebih kuat untuk pemenang pemilu minggu ini.

Hari ini Biro Statistik melaporkan Produk Domestik Bruto Australia pada  kuartal kedua naik 0,6 % dari tiga bulan sebelumnya. Hasilnya lebih besar dibandingkan dengan perkiraan median 31 ekonom dalam survei Bloomberg News yaitu untuk kenaikan 0,5 %.

Pemimpin koalisi Liberal-Nasional Tony Abbott akan bersaing untuk mengalahkan pemimpin partai buruh yang sedang berkuasa Kevin Rudd pada 7 September dan akan mewarisi rekor suku bunga rendah yang dirancang untuk mendukung ekonomi di mana pengangguran meningkat. Departemen Keuangan bulan lalu memperkirakan defisit anggaran lebih dalam tiga tahun ke depan dan memangkas estimasi pertumbuhan fiskal tahun ini.

Data menunjukkan “ekonomi terjebak dalam gigi tiga tapi dengan beberapa potensi untuk naik,” kata Michael Blythe, kepala ekonom di Sydney pada Commonwealth Bank of Australia (CBA), pemberi pinjaman terbesar di negara itu, dalam sebuah laporan riset sebelum data. Ada “beberapa tanda-tanda bahwa pertumbuhan yang diinginkan transisi dari pertambangan capex sedang berlangsung.”

Dari tahun sebelumnya, ekonomi tumbuh 2,6 %.

Dolar Australia diperdagangkan dari 90.50 sen menjadi 90.84 sen AS pada 11:41 waktu Sydney sebelum rilis.

The Reserve Bank of Australia memotong biaya pinjaman sebesar 2,25 poin persentase selama 22 bulan terakhir menjadi 2,5 % seperti mencoba untuk memacu industri padat karya seperti pembangunan perumahan dan menghindari kesenjangan pertumbuhan sebagai investasi pertambangan berkurang.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*