Bo Xilai Hadapi Sidang Minggu Ini Terkait Suap Dan Penyalahgunaan Kekuasaan

bo xilaiBo Xilai, mantan anggota Politbiro, terdakwa kasus penyuapan dan penyalahgunaan kekuasaan, akan diadili pada 22 Agustus dengan skandal parah Partai Komunis selama lebih dari 20 tahun.

Bo akan menghadapi pengadilan di China timur kota Jinan di Provinsi Shandong pada pukul 8:30 pagi, kantor berita resmi Xinhua mengatakan kemarin. Dia akan menghadapi tuduhan penyuapan, korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan, menurut Xinhua.

Sementara vonis tidak bersalah tidak mungkin, percobaan Bo diatur menjadi paling muatan politis karena istri Ketua Mao Zedong, Jiang Qing, dituntut lebih dari tiga dekade lalu untuk perannya dalam Revolusi Kebudayaan. Kejatuhan Bo dan keyakinan istrinya atas pembunuhan seorang pengusaha Inggris pada 2012, menandai skandal politik terbesar bagi partai sejak tahun 1989.

Bo resmi didakwa bulan lalu oleh kantor kejaksaan di Jinan, ibukota Shandong, lebih dari 16 bulan setelah ia dicopot dari jabatannya sebagai bos partai kotamadya Chongqing barat daya China.

“Terdakwa Bo Xilai menggunakan posisi resmi negara untuk mencari keuntungan, secara ilegal menerima jumlah yang sangat besar properti dari orang lain, menggelapkan sejumlah besar uang publik, dan menyalahgunakan kekuasaan, mengakibatkan kerugian besar bagi bangsa dan rakyat,” Xinhua melaporkan bulan lalu, mengutip dakwaan Bo. “Keadaan ini sangat serius.”

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*