Harga Emas Jatuh Akibat Naiknya Mata Uang Dolar AS

gold emasHarga emas berjangka jatuh lima kali berturut-turut dan membuat harga komoditas ini berada dititik terendah sejak Mei 2013, akibat naiknya nilai dollar AS.

Nilai tukar dollar AS mengalami kenaikan sebesar 0,4 % menjadi 1,32 terhadap euro. Sementara itu, harga emas telah jatuh 22 % sepanjang tahun ini akibat menguatnya nilai mata uang tersebut.

Selain karena menguatnya dollar AS, anjloknya harga logam mulia itu juga akibat kekhawatiran investor terhadap langkah Federal Reserve yang akan mengurangi stimulus perekonomian.

“Menguatnya dollar AS terhadap euro membuat harga emas semakin tertekan. Beberapa investor berada dalam persimpangan karena mereka ingin kejelasan dari Fed,” kata David Lee, VP Heraeus Precious Metals Management di New York, dikutip Selasa (6/8/2013).

Emas berjangka untuk pengiriman pada Desember turun 0,6 % di angka 1.302,40 dollar AS per ounce di Comex New York. Pekan lalu, the Fed mengatakan akan mempertahankan program pembelian obligasi sebesar 85 miliar dollar AS secara bulanan.

Fed juga memperingatkan inflasi yang masih rendah dapat menghambat ekspansi ekonomi. Setengah dari 54 ekonom dalam survei Bloomberg bulan lalu memperkirakan the Fed memutuskan untuk mengurangi pembelian obligasi pada bulan September.

Di New York Mercantile Exchange, platinum berjangka untuk pengiriman Oktober turun 0,2 % menjadi 1.448,10 dollar AS per ounce. Palladium berjangka untuk pengiriman September naik 0,8 % ke 735,20 dollar AS per ounce.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*