Kanada Muncul Dari Perlambatan Ekonomi Terbesar Sejak Resesi

bank of canadaKanada mulai muncul dari perlambatan ekonomi terbesar sejak resesi mereka yang berakhir pada tahun 2009.

Output dalam 11 ekonomi terbesar di dunia mungkin tumbuh pada laju tercepat dalam dua tahun kuartal terakhir, menendang dari apa yang Bank Sentral Kanada proyeksikan akan menjadi hamparan pertumbuhan yang lambat.

Bank Sentral Kanada memperkirakan bahwa selama dua tahun terakhir pada perekonomian terjadi output gap – ukuran kapasitas yang tidak terpakai – telah tumbuh dari sekitar nol sampai 1,5 % dari produk domestik bruto dan kesenjangan yang tidak akan tertutup selama dua tahun karena permintaan global yang lemah dari ekspor negara tersebut.

“Kami perlahan-lahan merangkak menuju jalan keluar,” kata David Tulk, kepala makro strategi pada unit TD Securities Toronto – Dominion Bank . “Saya masih berani mengatakan kita rentan terhadap sejumlah kejutan downside.”

PDB mungkin tumbuh pada laju tahunan sebesar 2,5 % dalam tiga bulan terakhir yang berakhir September, kenaikan terbesar sejak kuartal ketiga tahun 2011, menurut estimasi median dari 18 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg. Hal tersebut naik dari pertumbuhan 1,7 % pada kuartal kedua, ketika ekonomi jatuh akibat bencana banjir di Alberta dan pemogokan konstruksi di Quebec. Statistik Kanada akan merilis angka PDB triwulanan dan bulanan besok pukul 08:30.

Para ekonom memproyeksikan perlambatan sementara untuk 2 % pada kuartal ketiga sebelum perekonomian mempercepat rata-rata pertumbuhan triwulanan sebesar 2,5 % pada 2014, menurut perkiraan terpisah dikompilasi oleh Bloomberg.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*