BI : Pertumbuhan Ekonomi RI Diprediksi 5,77 Persen

bank indonesiaBank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2014 mencapai 5,77 %. Perkiraan ini didasarkan kepada berbagai kinerja positif beberapa indikator perekonomian domestik.

“Pertumbuhan ekonomi masih perkiraan masih on track. Perkiraannya 5,77 % di kuartal I 2014,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara pada konferensi pers di kantornya, Selasa (8/4/2014).

Beberapa faktor pendukung perkiraan tersebut menurut Tirta antara lain positifnya kinerja sektor eksternal dan adanya peningkatan konsumsi rumah tangga. Selain itu, penyelenggaraan pesta demokrasi pada kuartal I 2014 juga menyumbang kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia pada periode tersebut.

“Pelaksanaan pemilu juga turut memberi kontribusi. Walaupun tidak setinggi pada pemilu sebelumnya,” ujar Tirta.

Tirta menyebut secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2014 diperkirakan masih berada dalam kisaran proyeksi BI sebelumnya, yakni 5,5 sampai 5,9 %. BI menilai moderasi pertumbuhan ekonomi Indonesia masih berlanjut ke arah yang lebih sehat dan seimbang.

“Permintaan eksternal membaik dan mengimbangi moderasi permintaan domestik sebagai sumber pertumbuhan ekonomi. Beberapa indikator dini dan indikator penuntun mengindikasikan pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada triwulan I meningkat antara lain didorong kegiatan Pemilu 2014,” papar Tirta.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*