IMF : Pemerintah AS Harus Segera Naikkan Plafon Utang

Christine LagardeDana Moneter Internasional ( IMF) memperingatkan Amerika Serikat (AS) agar segera menaikkan kemampuan plafon pinjaman negara tersebut.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengatakan, jika Kongres AS gagal menaikkan plafon utang pemerintah, maka hal serius dapat terjadai terhadap perekonomian AS dan perekonomian global.

“Di tengah tantangan fiskal saat ini, ketidakpastian politik yang sedang berlangsung atas anggaran dan plafon utang tidak bisa membantu,” kata Lagarde menanggapi status shutdown untuk sebagian layanan pemerintah.

Shutdown yang dilakukan AS ini merupakan yang pertama kali sejak 17 tahun terakhir. Shutdown terjadi karena Kongres tidak menyetujui kebijakan anggaran pada hari Senin lalu.

Partai Republik di DPR menuntut agar Obama segera melakukan perubahan aturan terkait Undang-undang kesehatan atau dikenal dengan Obamacare.

“Keputusan shutdown pemerintah AS itu buruk, tapi kegagalan menaikkan plafon utang akan jauh lebih buruk , tidak hanya merusak ekonomi AS , tetapi juga ekonomi global,” tegas Lagarde saat berpidato di Universitas George Washington.

Menteri Keuangan AS Jacob Lew telah mengajukan plafon utang senilai  16,7 triliun dollar AS ke kongres. Namun , anggota parlemen dari Republik bersikeras menolaknya. (sumber)

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*