Saham Asia Menurun, Pengaruh Dari Situasi Manufaktur

asian stocks2Saham Asia jatuh, menurut patokan  indeks regional dimana ini adalah kerugian hari  ketiga , setelah membaiknya ekonomi AS yang menambah kekhawatiran Federal Reserve akan mengembalikan  skala stimulus dan data ini dipengaruhi oleh keadaan sektor  manufaktur China yang mengalami penurunan (baca PMI manufaktur cina menurun).

Nissan Motor Co (7201), sebuah produsen mobil Jepang yang mendapat 34 % dari penjualan di Amerika Utara, turun 2,8 %. Koklea Ltd (COH) merosot 14 % di Sydney setelah pembuat sistem implan untuk tuna rungu mengatakan penjualan menurun  di babak kedua. China Foods Ltd, pembuat produk termasuk minuman, makanan ringan dan makanan instan, merosot 10 % di Hong Kong setelah mengatakan mereka memperkirakan laba operasi akan jatuh. Nomura Holdings Inc turun 6,6 %, dimana terjadi naik turunnya   kerugian antara broker Jepang.

Index MSCI Asia Pacific turun 0,5 % menjadi 134,13 pada pukul 12:38 di Tokyo. indeks 9 dari 10 kelompok industri  mengalami penurunan. Dengan melihat adanya penurunan  5,1 % pada bulan Mei,  dan ini adalah kerugian bulanan pertama sejak Oktober.

kejadian ini bukan berarti bahwa ada perubahan dramatis dari hasil  diskusi yang dilakukan oleh  Federal reserve, tetapi investor menggunakannya sebagai alasan untuk menjual, “kata Masahiko Ejiri, fund manager senior yang berbasis di Tokyo di Mizuho Asset Management Co, yang mengawasi sekitar 3,4 triliun yen ($ 34 miliar) aset. “Beberapa posisi floating sudah di close  setelah pasar melakukan  rally begitu cepat.”

Indeks Topix Jepang kehilangan 1,6 %  dan ini adalah kerugian bulanan pertama sejak Agustus. modal Belanja perusahaan Jepang ( tidak termasuk perangkat lunak)  turun 5,2 % pada kuartal pertama dari tahun sebelumnya, dan ini adalah suatu  tantangan untuk  Perdana Menteri Shinzo Abe dalam menghidupkan kembali pertumbuhan ekonomi.

Hong Kong Hang Seng Index (HSI) menguat 0,5 %  dan Index China Shanghai Composite naik 0,3 % setelah laporan resmi dan pribadi di manufaktur  yang memberikan gambaran beragam ekonomi. HSBC Holdings Plc dan Markit Economics hari ini mengatakan indeks manufaktur China  turun menjadi  49,2 pada bulan  Mei dimana sebelumnya ada pada titik  50,4 pada April. Angka di bawah 50 adalah sinyal terjandinya  kontraksi.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*