Yunani, Pemberi Pinjaman Melanjutkan Tahap Pembicaraan Bailout € 8.1 Milyar

Greece's Prime Minister Antonis Samaras (L) and newly appointed Foreign Minister and Deputy Prime Minister Evangelos Venizelos walk after a swearing in ceremony at the Presidential Palace in Athens June 25, 2013. REUTERS/John KolesidisYunani dan pemberi pinjaman internasional melanjutkan pembicaraan untuk membuka € 8.1 milyar ($ 10.5 milyar) pinjaman penyelamatan pada hari Senin setelah istirahat dua minggu di mana situasi pemerintahan hampir runtuh.

Pejabat Yunani termasuk Perdana Menteri Antonis Samaras mengatakan mereka mengharapkan pembicaraan yang memberikan solusi tepat, meskipun terjadi kemunduran program privatisasi negara dan keterlambatan dalam reformasi sektor publik.

Taruhannya tinggi. Jika pembicaraan gagal, IMF mungkin harus menarik diri dari penyelamatan Yunani untuk menghindari diri dari pelanggaran aturan pendanaan sendiri. Athena juga perlu uang tunai untuk membantu menebus hutang sekitar 2,2 miliar euro pada bulan Agustus.

Menteri Keuangan Yannis Stournaras akan melakukan pertemuan pertamanya dengan perwakilan dari Uni Eropa, Bank Sentral Eropa dan IMF, juga dikenal sebagai “troika”.

Samaras ingin membungkus pembicaraan cepat untuk dana yang akan dirilis pada akhir bulan ini. Dia menunjuk dua reformis bersemangat, Kyriakos Mitsotakis dan Adonis Georgiadis, dalam perombakan kabinet pekan lalu untuk mendorong reformasi di kementerian utama, administrasi sipil dan kesehatan.

“Para kreditur akan memberi kita kesulitan, tetapi kurang begitu daripada dalam tinjauan sebelumnya,” kata seorang pembantu pemerintah wartawan, Minggu.

HILANG SASARAN

Pemerintah berencana untuk meminta kreditor untuk menurunkan sasaran privatisasi tahun ini sebesar 2.6 milyar euro setelah gagal menemukan pembeli untuk Depa perusahaan gas alam. [ID: nL5N0EN16J]

Athena juga telah melewatkan batas waktu bulan Juni untuk menempatkan 12.500 pekerja negara menjadi apa yang disebut “skema mobilitas”, di mana mereka dipindahkan atau dipecat dalam waktu satu tahun.

Sebuah kekurangan lebih dari € 1000000000 telah muncul di kesehatan yang dikelola negara EOPYY asuransi, berarti pemotongan belanja otomatis mungkin harus sepakat untuk membawa secara stabil.

Athena dan troika juga berselisih atas suatu pajak properti yang tidak populer dan lebih dari kemungkinan penurunan pajak konsumsi untuk restoran.

Samaras telah mengesampingkan memaksakan langkah-langkah penghematan baru setelah kehilangan mitra koalisi dalam krisis ERT, dengan mayoritas di parlemen 300 kursi menyusut menjadi hanya tiga suara.

Tindakan yang lebih akan mustahil untuk mengarahkan melalui parlemen, analis dan anggota parlemen mengatakan, setelah empat tahun penghematan yang menjerumuskan Yunani ke terdalam masa damai resesi dengan tingkat pengangguran pada rekor 27 persen.

Krisis ekonomi juga mendorong dukungan bagi partai-partai anti-bailout seperti Golden Dawn ultra-kanan.

Menurut pejabat Yunani, negara ini memiliki cadangan kas yang cukup untuk mengimbangi slippages jangka pendek dalam rencana bailout.

Dibantu oleh pengeluaran ketat, defisit anggaran sekitar € 3000000000 kecil dari yang diharapkan pada Januari-Mei, Stournaras mengatakan pekan lalu, menambahkan bahwa negara telah juga uang yang tersisa dalam dana penyelamatan bank HFSF. [ID: nL5N0F13HX]

Tetapi bahkan jika itu membersihkan review troika yang sedang berlangsung, Athena akan memerlukan bantuan tambahan untuk berdiri di atas kaki sendiri setelah bailout saat ini berakhir pada akhir 2014.

Menurut sementara Uni Eropa / IMF memperkirakan untuk 2015-2016, Yunani harus mencolokkan kekurangan anggaran sekitar 4 miliar euro dan kesenjangan pendanaan hingga 9,5 miliar. Perkiraan ini harus diperbarui pada akhir tahun ini.

Zona euro telah berjanji untuk mencukur habis sebagian dari utang Yunani agar berkelanjutan dalam jangka panjang. Tapi itu masih belum jelas berapa banyak utang akan dihapuskan dan bagaimana.

($ 1 = 0,7693 €)

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*