Survey Pandangan Bisnis Di Bulan Mei 2013-agak menyulitkan

crisisPerusahaan manufaktur menurut prediksi bisnis menunjukan bahwa terjadi penurunan dan aktivitas manufaktur regional melemah di bulan ini. Seluruh indikator dari survey mengatakan negatif untuk bulan ini dan memnunjukan kondisi yang lebih lemah daripada bulan april. Namun bagaimanapun juga indikator dari survey tetap mengatakan seluruh sektor nantinya akan meningkat di 6 bulan kedepan. Indikator memperlihatkan betapa lemahnya kondisi manufaktur pada saat ini. Indeks difusi aktivitas saat ini menurun dari 1.3 dibulan april dan -5.2 dibulan ini.

Aktivitas Indeks saat ini tidak menunjukkan pola pertumbuhan yang berkelanjutan selama tujuh bulan terakhir, umumnya berganti-ganti antara pembacaan positif dan negatif. Jumlah perusahaan yang melaporkan penurunan aktivitas bulan ini (29 persen) selisih tipis  untuk mereka yang melaporkan peningkatan aktivitas (24 persen).

Indikator lainnya menunjukkan kelemahan yang sama untuk bulan ini. Permintaan untuk barang-barang manufaktur masih lemah, dengan indeks order baru  saat ini menurun dari -1.0 ke -7.9. Pengiriman Indeks juga menunjukkan penurunan, dan penurunan tersebut lebih tajam dari 9,1 sampai -8,5. Perusahaan melaporkan ada juga  peningkatan dibulan ini yaitu dari sektor inventori : Indeks inventori saat ini meningkat dari -22,2 menjadi 4,1.

Kondisi pasar tenaga kerja menunjukkan kelemahan yang berkelanjutan , dengan indeks menunjukkan  lebih rendah secara keseluruhan. Indeks  turun 2 poin menjadi -8,7, dalam dua bulan ini masuk ke zona  negatif  secara berturut-turut. Persentase perusahaan yang melaporkan penurunan kerja (22 persen) melebihi pelaporan kenaikan persentase (14 persen). Indeks pekan kerja turun 10 poin menjadi -12,4, yang tersisa negatif untuk bulan kelima berturut-turut

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Gambar CAPTCHA

*